About Us



No. Sertifikat MUI : 01121161580316
No. P-IRT : 1093274010001-20
No. REG : 008760-345066

Prestasi Yang Diraih

  1. Peringkat pertama dari sekitar 1.523 industri kecil yang tersebar di Cirebon. 
  2. Tahun 2001 mendapat penghargaan Bintang I - Standardisasi Kelayakan Industri dari Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan. (Mengungguli 14 perusahaan se-Jawa Barat). 
  3. Tahun 2001 memperoleh Piagam Penghargaan Standardisasi Industri Internasional.
Sirup Tjampolay merupakan sirup yang sudah cukup lama beredar di Indonesia. Sirup ini berasal dari Kota Cirebon. Kenikmatan sirup ini sungguh tiada duanya, sirup ini sangat dicari-cari oleh wisatawan yang berkunjung ke Kota Cirebon dan untuk Pemanis (campuran) Minuman Segar (dalam keadaan dingin)

Konon, formula produk sirup ini diperoleh Tan Tjek Tjiu pada 11 Juli 1936 lewat mimpi. Minuman ini diproduksi oleh Tan Tjek Tjiu, tepatnya pada 11 Juli 1936. Perusahaan sirup ini sempat terhenti selama 6 tahun. Itu terjadi pada 1964 ketika Tjiu meninggal dunia.emoticon-Berduka (S) Baru pada 1970 sirup Tjampolay muncul lagi. Kali ini putra Tjiuw yang bernama Setiawan meneruskan usaha sang ayah. Dalam mengelola Sirup Tjampolay, Setiawan pun mengalami berbagai rintangan dan tantangan yang tidak mudah, hingga pada ahirnya usaha Sirup Tjampolay harus terhenti kembali. Namun, pada tahun 1983 usaha Sirup Tjampolay kembali bangkit melawan berbagai rintangan persaingan bisnis dan kondisi ekonomi bangsa yang tidak menentu.

Jatuh bangun bisnis Sirup Tjampolay kini telah berbuah manis, dengan keberhasilan Sirup Tjampolay sebagai salah satu sirup kenamaan di kota Cirebon, di Jawa Barat dan di berbagai daerah lainnya di Indonesia. Usaha Sirup Tjampolay kini telah dilanjutkan oleh generasi ketiga keluarga Tan Tjek Tjiu. Kali ini pabriknya dipindahkan ke daerah Pusat Kota Cirebon.

Dari tempatnya yang baru, Setiawan berhasil membangun kembali kejayaan usaha sang ayah. Usaha keluarga ini makin meroket pada periode 1990-an, ketika anak sulungnya Budiman mulai turun tangan membantu. Meski tak memiliki latar belakang ilmu racik-meracik seperti seorang analis kimia atau apoteker, Budiman yang lulusan sekolah musik ternyata bertangan dingin. Pria berusia 25 tahun ini sukses mengembangkan produk yang kini memiliki 9 rasa dari semula hanya tiga rasa (sebelum 1993). Jadi, selain yang sudah lebih dulu ada: rasa rossen, asam jeruk dan nanas, kini tersedia sirup Tjampolay rasa pisang susu, melon, leci, mangga gedong, jeruk nipis dan kopi moka. Tak berhenti sampai di situ, Budiman juga membenahi lini produksi dan distribusi. Pusat produksi dipindahkan ke pusat kota Cirebon. Di area seluas 300 m2 Budiman memproduksi sirup Tjampolay tanpa mesin. Dalam sehari produksinya mencapai 1.200 botol.

Menurut Budiman, yang kini menakhodai perusahaan keluarga itu, kelebihan Tjampolay dibanding sirup lain yang beredar di pasar, menggunakan gula murni. Jadi, tidak memiliki efek samping bagi kesehatan. Sementara itu, lanjutnya, banyak sirup lain menggunakan sakarin. Itulah sebabnya, disebutkan Budiman, jangan heran sirup Tjampolay yang sudah dibuka kemasannya, hanya dalam hitungan bulan langsung mengkristal. Hal ini pula yang menyebabkan Budiman tidak berani mengekspor produknya.

Padahal, ia mengungkapkan, produk sirupnya sangat bagus. Bahkan, beberapa tahun lalu ada seorang dokter di Cirebon merekomendasikan Sirup Tjampolay untuk menyembuhkan penyakit liver. Meski harus bersaing dengan para pemalsu merek, Tjampolay berhasil memperluas pasarnya ke luar Cirebon. Sejak berada di tangan generasi ketiga ini sirup Tjampolay bisa didapat di berbagai kota besar — dari Cirebon, Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, sampai Bali, Bandar Lampung dan Kalimantan. Tjampolay didistribusikan langsung ke pedagang ritel. Kini sirup Tjampolay juga sudah bisa diperoleh di gerai ritel modern semacam Carrefour dan Alfa.

Banyak sekali varian rasa yang ada pada sirup ini mulai dari rasa rozen rose, asam jeruk, nanas, pisang susu, melon, leci, mangga gedong, jeruk nipis dan kopi moka. Rasa yang paling terkenal adalah rasa pisang susu. Jadi, jika Anda hendak membeli Sirup Tjampolay, kami merekomendasikan Anda untuk membeli Sirup Tjampolay rasa pisang susu.

Buat  yang ingin mencoba Sirup Tjampolay ini bisa langsung datang ke kota Cirebon untuk mencicipi nikmatnya manis dari gula alami sambil berkeliling kota Ciebon, kita juga bisa menikmati minuman khas kota Cirebon. Namun bagi yang tidak bisa datang Ke Cirebon tapi ingin menikmati sirup Tjampolay. Anda bisa memesan langsung melalui SMS/WA di 081321821474.

Hal-hal yang berhubungan dengan penawaran barang, penawaran bahan baku, penawaran ikut pameran, permintaan survey, permintaan dana, penawaran kerjasama periklanan, permintaan PKL, mohon maaf tidak akan kami layani.

Jam kerja
Buka dari jam 08.00 – 14.00 WIB.
Lebih dari jam 14.00 slow respon.

Hub: Mas NURJAYA (081321821474)

Welcome dropship, reseller, dan agen. 
Bagi anda yang ingin bekerja sama untuk menjual sirup tjampolay.

Pabrik Sirup Tjampolay Tempo Doeloe